Belajar Tanpa Batas dengan Internet

Belajar Tanpa Batas dengan Internet

Unknown | 11:43 PM | 0 comments
belajar internet
Hari ini ane mendapat banyak tambahan wawasan dari rekan kerja ane, karwenda yang memang memiliki usaha sampingan bisnis warnet. Kebetulan sich temen ane baru saja menghadiri sosialisasi dan pengawasan Internet yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bekasi.

Penggunaan Internet memang sudah bukan lagi monopoli orang dewasa, sekarang pemakaiannya sudah melampaui batas level umur hingga anak SD pun sudah mulai dengan mudahnya mengakses Internet, dan itu diperlukan control ketat dari para orang tua maupun juga para penyedia jasa pelayanan Internet agar mampu mengkondisikan anak-anak yang masih dibawah umur untuk dapat menggunakan internet sesuai dengan kebutuhannya.

Penyalah gunaan Internet dengan mengakses situs-situs porno misalnya yang dengan mudah dilakukan oleh anak-anak karena kurangnya dari orang tua dan penyedia jasa pelayanan Warnet menjadi salah satu penyebab banyaknya terjadi kasus pelecehan seksual yang melibatkan anak-anak dibawah umur.

Oleh karena itu ada beberapa tips yang diberikan dalam sosialisasi tersebut terkait Internet Sehat Aman – belajar tanpa batas :

1. Jika memungkinkan tempatkan komputer pada tempat yang mudah diakses semua anggota keluarga

2. Berinternetlah dengan anak sesering mungkin dan bantu untuk memilah jenis informasi

3. Buatkan jadwal penggunaan internet untuk anak kita

4. Batasi alokasi bandwith yang bisa diakses oleh anak kita dalam berinternet

5. Diskusikan dengan anak kita tentang minat dan bakatnya, sehingga tidak melulu akses pada satu situs internet

6. Ajarkan anak untuk tidak mudah memberikan informasi pribadi

7. Arahkan anak untuk tidak mempunyai profile pribadi yang ditayangkan online

8. Ajarkan anak untuk menggunakan nama samaran untuk melindungi ruang pribadi

9. Jangan membiarkan anak kita melakukan pertemuan tertutup dengan orang yang ditemui di Internet

10. Periksa secara acak situs internet yang dikunjungi anak kita

11. Ajarkan sopan santun dalam berinternet kepada anak kita

12. Ajarkan anak untuk selalu berhati-hati dengan attachment pada email yang masuk

13. Pasang password admistrator pada program penyaring internet

Itulah beberapa tips yang dibagi rekan saya, dengan harapan kedepan adalah membentukan lingkungan berinternet yang sehat dan aman sehingga anak-anak dan mungkin juga kita dapat belajar tanpa batas dari konten yang tersedia di Internet.

Karena bagaimanapun MENCEGAH LEBIH BAIK DARI MENANGGULANGI , lebih baik mengingatkan jika diperlukan dengan nada agak keras agar anak kita patuh dan sadar bahwa internet tidak semata-mata sehat tetapi juga berbahaya. Sehingga dengan mengingatkan sejak dini kepada anak kita tentang BAHAYA TERSELUBUNG akses Internet secara bebas akan lebih bermanfaat dibanding membiarkan anak kita tersesat didalam belantara informasi di Internet.

Semoga bermanfaat untuk rekan Kompasiana !
Salam Kompasiana,

Wefi

Category:

About Kompasianu.blogspot.com:
Kompasianu blog, berisi artikel pilihan dari kompasiana.com. Kami memilih dan menshare artikel artikel menarik yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menemukan artikel mengenai teknologi, kesehatan, hiburan, otomotif, lifestyle, politik, wisata dan chit-chat!

0 comments