Teknik SEO Blogwalking Ternyata Percuma ?

Teknik SEO Blogwalking Ternyata Percuma ?

Unknown | 6:01 PM | 3 comments
Teknik SEO Blogwalking
Pertanyaan yang menjadi judul topik bahasan tutorial SEO yang ingin saya angkat, bisa jadi menjadi kontroversi di kalangan blogger yang hobi melakukan blog walking dengan berkunjung ke sesama blog sahabat. Sebelum anda menyanggah judul yang saya angkat, adalah lebih baik pastikan dahulu kebiasaan blog walking anda bertujuan untuk silaturahmi murni atau sambil berburu backlink? Sebab topik yang saya angkat kali ini khusus bagi blogger yang hobi berkunjung ke blog orang lain untuk tujuan memburu backlink.

Bagi anda yang melakukan blog walking dengan tujuan memburu backlink, anda perlu memilih blog atau situs yang memberikan backlink tersebut dari sisi domain. Jika blog tempat anda meninggalkan link berupa domain TLD (top level domain: dot com, dot net dan lain-lain), silakan anda lanjutkan kegiatan baik anda. Tetapi perlu anda pastikan, terlepas domain sudah TLD dan jika anda cek link yang ada dengan teknik nodofollow (klik kanan mouse jika browser anda telah dipasang backlink checker) terlihat berwarna biru, ternyata belum tentu memberikan backlink kepada situs kita. Hal ini disebabkan sudah banyak yang menjual script anti outgoing link yang dijual dengan bebas di internet. Jika suatu situs dipasang script ini, walaupun di lakukan tes apapun tetap menunjukkan indikasi mengeluarkan backlink dofollow. Tetapi jika anda cek pada webmaster tools, ternyata backlink ini tidak muncul. Dari pengamatan kami atas 150 blog PR 1 - PR 5 yang sering dikunjungi oleh blogger atau pemilik situs (biasanya situs obat atau travel sangat rajin melakukan perburuan ini) untuk berburu backlink dengan teknik blog walking, ternyata hanya 11 blog saja yang benar - benar memberikan backlink. Dan semuanya adalah blog dengan PR di bawah 3.

Hal kedua yang ingin saya angkat pada tutorial seo perihal blog walking ini adalah teknik berkomentar pada blogspot atau sub domain lain. Jika anda melihat webmaster tools blog anda, pada menu tautan situs, adakah backlink dari blogspot maupun sub domain yang tertera? Kalau anda melakukan teknik blog walking dengan berharap mendapat backlink PR 4 dari suatu blog yang masih merupakan sub domain blogspot, maka tindakan atau kebiasaan anda menjadi percuma. Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari blog tersebut. Silakan sering-sering anda cek pada webmaster anda.

Hal ini disebabkan karena blogspot merangkum semua backlink baik dari PR 0 hingga PR 10 (kalau ada) menjadi satu, yaitu menjadi backlink dari blogspot. Hal inilah yang menunjukkan indikator bahwa backlink blogspot jumlahnya biasanya yang paling tinggi memberikan link kepada suatu situs pada daftar tautan situs di webmaster. Secara pangerank, memang menguntungkan karena pagerank dari blogspot memiliki skala PR 7. Tetapi backlink yang diberikan adalah nofollow. Jika memang seperti ini, rasanya gak masalah jika anda melakukan blog walking dari blog PR 0 yang nofollow. Sama saja, bukan?

Jadi percuma atau tidak, saya kembalikan lagi kepada anda yang hobi berburu backlink melalui teknik blog walking. Saya sendiri juga masih tetap melakukan kegiatan ini ke sesama blog. Memang selain mencari backlink nofollow PR7, saya melakukannya dengan tujuan silaturahmi dan mencari traffic. Saya biasanya akan saling mengunjungi blog yang pemiliknya rajin berkunjung ke blog saya. Sehingga dari dia, saya akan mendapatkan traffic rutin yang akan meningkatkan pageview natural blog saya. Demikian tutorial seo perihal perburuan backlink melalui teknik blog walking, kiranya informasi ini dapat berguna.

Category:

About Kompasianu.blogspot.com:
Kompasianu blog, berisi artikel pilihan dari kompasiana.com. Kami memilih dan menshare artikel artikel menarik yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menemukan artikel mengenai teknologi, kesehatan, hiburan, otomotif, lifestyle, politik, wisata dan chit-chat!

3 comments:

  1. waah saya setuju sekali gan,, nagh untuk melengkapi artikel keren di atas saya ingin sedikit menambahkan
    Cara Membuat Link Anchor Text Pada Kolom Komentar Blog, monggo gan di kunyah,, terimakasih..

    ReplyDelete
  2. Artikelnya menarik,
    kunjungi juga https://pajakonlineweb.wordpress.com/

    ReplyDelete