Trend Baru; Mobil Gowes

Trend Baru; Mobil Gowes

Unknown | 4:07 PM | 1 comments
Mobil Gowes: Sebuah Trend Baru
Keberadaan mobil gowes sering lalu-lalang di sekitaran kota Jogja, Akhir-akhir ini. Mobil ini banyak dikendarai terutama oleh kalangan remaja. Tidak hanya remaja saja, orang tua dan anak-anak begitu terpikat oleh keunikan mobil yang satu ini.

Mobil ini tidak seperti mobil pada umumnya yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi. Dengan hiasan lampu berwarna-warni yang terpasang di badan mobil serta desain mobil yang menyerupai hewan-hewan seperti angsa semakin mempercantik tampilan mobil ini. Tak heran jika banyak anak-anak hingga orang dewasa tertarik untuk mengendarainya.

Meskipun bernama mobil tetapi cara mengemudikkannya bukan digas, tetapi dengan di kayuh layaknya sebuah sepeda. Sehingga dinamakan mobil gowes. Mobil ini dilengkapi dengan setir pengendali yang ada di sebelah kanan depan dan empat tempat duduk.

Pada hari minggu pagi, saya melihat banyak sekali anak-anak yang ber-“Gowes” bersama-sama. Satu mobil tersebut ditumpangi sekitar enam anak. Mereka dengan wajah ceria menyusuri jalan-jalan dengan mobil gowes. Dari dua mobil gowes yang melintas di depan saya, ternyata salah satu pengemudi mobil gowes adalah tetangga saya. Seketika saya menghampirinya dan menanyakan seputar keberadaan mobil gowes tersebut.

“ Rasanya seneng banget naik mobil gowes ini” ungkapnya. “ Ini pertama kalinya aku naik mobil gowes, walupun sedikit capek karena harus ngayuh terus tapi seneng banget” tandasnya ketika kami tanyakan pengalamannya naik mobil gowes.

“Selain untuk berolahraga kan juga bisa mengurangi polusi. Kan setiap harinya udah banyak pulusi yang ditimbulkan dari kendaraan bermotor. Ya, dengan mobil gowes ini, kita jadi tidak jauh-jauh liburan. Karena kalo liburan ke tempat yang jauh pasti seringnya juga pakai kendaraan bermotor juga. Jadi udara makin tidak bagus” ungkapnya.

Setelah kami bertanya apakah mobil ini milik sendiri atau sewa mereka mengungkapkapkan bahwa mobil ini disewa, “kami menyewa di kawasan Jl. Imogiri Timur”.

Ternyata, di jogja ini sudah cukup banyak penyedia jasa sewa untuk mobil gowes ini. Saya bertemu dengan salah satu pemilik jasa sewa Mobil Gowes. Sukirman (40) mengaku dirinya baru satu bulan terakhir ini menyewakan mobil gowes, “Saya baru menyediakan persewaan mobil gowes baru satu bulan”. “Dan untuk peminatnya sendiri cukup banyak”, ungkapnya.

” Peminat mobil gowes ini kebanyakan anak-anak dan remaja”, jelasnya kepada saya saat saya menanyakan peminat mobil gowes sendiri. Dan untuk tarifnya sendiri cukup murah dan terjangkau karena harga sewa untuk satu jamnya 10 ribu rupiah – 15 ribu rupiah.

“Mobil ini sering banyak disewa pada malam hari sama pas hari libur, kalo hari libur atau hari minggu banyak yang sewa. Sampai pernah ada yang tidak dapat mobil sewaan” jelasnya.

Mobil gowes memang mulai menjamur keberadaannya di sekitar wilayah Bantul dan Jogja sejak pertengahan tahun ini. Banyaknya penyedia jasa sewa untuk mobil gowes juga membuat semakin mudah akses untuk menggunakannya. Selain hargfa relatif murah, mobil gowes ini bisa menjadi alternatif wisata bagi masyarakat. Selain itu, juga bisa menggerakan perekonomian warga sebagai penyedia jasa sewa.

Dari pengalaman tadi, bagaimana? Tentunya menambah referensi kalian untuk menjadikan mobil gowes sebagai alternatif untuk sekedar melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Dan dijamin tidak akan menimbulkan polusi udara sperti mobil-mobil lainnya. Nah, sekarang untuk kalian semua mencoba sensasi bersepeda dengan mobil gowes.

Category:

About Kompasianu.blogspot.com:
Kompasianu blog, berisi artikel pilihan dari kompasiana.com. Kami memilih dan menshare artikel artikel menarik yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menemukan artikel mengenai teknologi, kesehatan, hiburan, otomotif, lifestyle, politik, wisata dan chit-chat!

1 comment:

  1. Keren bgt artikelnya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/kelilingi-salah-satu-kota-di-thailand-seharian-hanya-dengan-sepeda-yakin/

    ReplyDelete