Cara Cepat, Mudah dan Jitu Cari Info di Internet

Cara Cepat, Mudah dan Jitu Cari Info di Internet

Unknown | 7:50 PM | 0 comments
cari informasi di internet
Sumber Data Informasi di Internet. Pasti sudah tak asing lagi ditelinga kita. apalagi kalau disuruh tugas sekolah atau kuliah, pasti dech nyari bahan artikel di internet. sudah pasti kan ? kan ada MBAH google yang siap melayani permintaan. tinggal ketik, keluarlah beribu-ribu informasi. Akan tetapi terkadang kita hanya asal ngetik saja tanpa tahu srategi apa yang dapat kita gunakan untuk mempermudah pencarian.

sederhananya strategi itu adalah langkah-langkah untuk mengambil suatu keputusan ketika pencarian guna informasi yang didapat sesuai dengan harapan. supaya pencarian yang kita lakukan menghasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita, akan lebih baik kalau stategi pencarian dilakukan pada tahap awal, bahkan sebelum kita berhadapan dengan leptop. kita perlu memfokuskan (mempersempit) keywords pencarian atau melebarkan (memperluas) pencarian sebagai bagian dari stategi yang dilakukan dalam proses pencarian.

MENGEMBANGKAN TOPIK DAN KATA KUNCI

Akan lebih baik kalau kita mengetahui topik apa yang kita cari. pengembangan topik ini bisa dengan membuat pertanyaan-pertanyaan. pertanyaan-pertanyaan itu sebaiknya langsung mengarah pada masalah yang ingin kita cari. misalkan: apa pengaruh pemanasan global terhadap kehidupan burung .

menentukan kata kunci juga penting. kata kunci inilah yang akan menjadi pegangan kita ketika mencari informasi di internet. kata kunci bisa diartikan sebagai kata atau frasa yang penting dan sering muncul di dalam teks atau documen. kata kunci ini juga terdapat dalam abstrak, judul, dan isi artikel yang dimuat.

sebagai contoh :apa pengaruh pemanansan global terhadap manusia. kata kunci yang bisa kita ambil atara lain . pemanasan global, perubahan iklim, migrasi burung, burung

KETAHUI FITUR PENCARIAN YANG DAPAT DIGUNAKAN

Search engine, seperti Google,Yahoo, dan yang lainnya punya fitur-fitur oencarian yang bisa kita gunakan untuk melakukan pencarian yang efektif. banyak sekali yang kurang memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan, atau malah tidak tahu sama sekali akan adanya fitur bantuan itu. search engine yang paling populer dan bayak digunakan adalah google. untuk mendapatkan petunjuk fitur-fitur pencarian yang dapat anda gunakan apa saja, silakan lihat di google.com/help/cheatsheet.html,”

EVALUASI HASIL PENCARIAN INFORMASI

evaluasi sangat penting. karena tidak semua informasi valid dan akurat. informasi kadang tidak sesuai dan menyesatkan. informasi di internet dapat dibuat oleh setiap orang atau lembaga tanpa adanya batasan. maka mengevaluasi informasi yang akan kita ambil menjadi penting, terlebih jika kamu mencari informasi sebagai bahan tugas akademik (sekolah atau kuliah) agar informasi yang teman dapatkan berbobot.

Category:

About Kompasianu.blogspot.com:
Kompasianu blog, berisi artikel pilihan dari kompasiana.com. Kami memilih dan menshare artikel artikel menarik yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menemukan artikel mengenai teknologi, kesehatan, hiburan, otomotif, lifestyle, politik, wisata dan chit-chat!

0 comments