Apa Manfaat Punya Domain Sendiri

Apa Manfaat Punya Domain Sendiri

Unknown | 8:13 PM | 0 comments
Apa-Manfaat-Punya-Domain-Sendiri
Membuat dan Punya Domain sendiri adalah sebuah keharusan bagi netter yang serius dalam website jaringan internet, apalagi yang memiliki merek atau produk tertentu yang akan dipasarkan atau mempunyai tujuan lain sebagai publisher iklan, seperti google adsense. Nah agar lebih jelas berikut beberapa penjelasan tentang domain.

Apa yang disebut domain dalam dunia Blog atau internet?
Domain adalah alamat internet yang kita punya. Ada berbagai macam format, ada yang namanya TLD (Top Level Domain) misalnya Kompas.Com, Kompasiana.Com, IlmuKomputer.Org dan sebagainya. Ada juga yang subdomain seperti xautrading.blogspot.com, makitam80.blogspot.com, medika.blogspot.com, jurnal.wordpress.com, teknorc.blogspot.com atau dahlaniskan.blog.com. Untuk yang subdomain biasanya gratis, sedangkan yang TLD berbayar, relatif tidak mahal, di bawah 100 ribu per tahun.

Pentingkah kita memiliki sebuah domain?
Jawabannya tergantung dari tujuan kita. Seandainya kita mempunyai produk untuk dijual, keberadaan domain sangat penting. Domain tersebut bisa menjadi toko kita di dunia maya. Misalkan kita mempunyai domain www.Qeysha.com yang isinya menjual baju anak dan bayi serta keperluan ibu.

Domain juga penting bagi mereka yang ingin memarketingkan dirinya. Tengok saja domain Pak SBY di www.PresidenSBY.info, yang memuat informasi tentang beliau dan tentang aktifitas beliau.

Sebenarnya memiliki domain banyak hal positifnya. Bisa jadi itu menjadi identitias kita di Internet. Mengapa demikian? Domain bersifat unik dan hanya ada satu di dunia ini. Oleh karena itu, jika nama domain sudah dimiliki orang lain kita tidak bisa lagi mendaftarkannya. Kita harus mencari nama alternatif yang belum didaftar.

Bagaimana cara memperoleh domain?
Bagi Anda yang ingin mempunyai domain sendiri caranya sangat mudah. Anda dapat mendaftar pada penyedia layanan pendaftaran domain. Usahakan mendaftar pada penyedia layanan yang sudah terakreditasi internasional (ICANN).

Anda dapat mendaftar pada penyedia layanan luar negeri misalnya godaddy, name, dll, tapi agak rumit karena pembayaran harus dalam dolar dan interaksi harus dalam bahasa Inggris. Jika tidak ingin ribet, Anda dapat menggunakan penyedia layanan dalam negeri misalnya IDWebhost (www.JogjaDomain.com) atau yang lainnya. Pembayaran biasanya dalam rupiah dan bisa ditransfer lewat bank lokal (Mandiri, BCA, BNI, BRI, dll).

Semoga bermanfaat :)

Category:

About Kompasianu.blogspot.com:
Kompasianu blog, berisi artikel pilihan dari kompasiana.com. Kami memilih dan menshare artikel artikel menarik yang dapat bermanfaat bagi pembaca. Anda dapat menemukan artikel mengenai teknologi, kesehatan, hiburan, otomotif, lifestyle, politik, wisata dan chit-chat!

0 comments